- Pengertian E-commerce
E-commerce (Electronic Commerce) merupakan suatu proses pembelian, penjualan, mentransfer,
atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan internet yang dilakukan oleh Merchant dan Partners. Pada dasarnya ecommerce merupakan dampak dari
berkembangnya teknologi dan telekomunikasi yang sangat berkembang pesat.
Semakin meningkatnya teknologi dan telekomunikasi di dunia ini maka
setiap manusia mempergunakan internet dalam melakukan aktivitas di
kehidupan sehari-hari yaitu dengan bisnis usaha yang akan mereka
ciptakan di dunia maya.
Di masa sekarang ini perusahaan harus pandai – pandai menentukan
keputusan untuk memasarkan produknya, maka dibutuhkan sarana yang tepat
untuk dunia pemasarannya, melalui e-commerce, pemasaran kepada konsumen
atau masyarakat pada umumnya akan beroperasi berdasarkan dari pada
prinsip pemasaran itu sendiri. E-commerce cenderung sangat memberikan
rasa paling nyaman dengan kemudahan dan kelebihan bagi pembeli atau bagi
konsumen dalam melakukan proses transaksi dalam berbelanja. Para
pembeli membeli transaksi online yaitu untuk mendapatkan barang yang mereka cari atau mereka inginkan. Selain itu, harga yang ditawarkan
atau barang – barang yang dijual melalui e-commerce ini relatif lebih
murah dibandingkan kita pergi berbelanja langsung ke toko, karena jalur
distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat
dibandingkan dengan toko konvensional. Oleh karena itu, E-commerce dapat
memberikan suatu informasi dalam bentuk lebih menarik, menyenangkan dan
online setiap tanpa batas waktu, asalkan semua perangkat teknologi
mendukung dan terpenuhi. yang menjadi kenapa pembeli atau konsumen lebih
memilih banyak melakukan transaksi online.
- Jenis-jenis kegiatan E-commerce:
1. E-Shopping : Transaksi jual-beli secara Online
2. E-Bussines : Transaksi bisnis (saham, obligasi, kurs mata uang) secara online
3. E-Banking : Transaksi tabungan (saldo, transfer, pembayaran) nasabah secara online.
2. E-Bussines : Transaksi bisnis (saham, obligasi, kurs mata uang) secara online
3. E-Banking : Transaksi tabungan (saldo, transfer, pembayaran) nasabah secara online.
- Contoh E-Commerce:
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
- Mekanisme E-commerce:
Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang
atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli
barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di
internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction,
sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah
paper document, melainkan dokumen elektronik (digital document).
Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya
penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat
kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di
Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan
pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah
disediakan oleh pihak penjual.
- Manfaat E-commerce:
Manfaat dari e-commerce (perdagangan elektronik) itu sendiri adalah
meningkatkan cutomer loyality, meningkatkan value chain, dapat
menurunkan biaya dan melebarkan jangkauan
diseluruh masyarakat di dunia maya. Banyak kasus, perusahaan e-commerce akan bisa bertahan jika tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanannya juga bagus dan dari struktur organisasi bisnis dengan baik, dengan itu maka faktor yang termasuk didalamnya yaitu mempermudah kegiatan perdagangan di dunia maya.
diseluruh masyarakat di dunia maya. Banyak kasus, perusahaan e-commerce akan bisa bertahan jika tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanannya juga bagus dan dari struktur organisasi bisnis dengan baik, dengan itu maka faktor yang termasuk didalamnya yaitu mempermudah kegiatan perdagangan di dunia maya.
- Dampak Positifnya, yaitu:
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Namun, ada juga kelemahan dari E-commerce yaitu:
1. Harga produk tidak bisa di tawar2. Kondisi produk meragukan (bagus / jelek)
3. Berisiko tinggi no. kartu kredit bisa dilacak oleh hacker
4. Kurang jaminan bahwa produk benar-benar dikirim oleh pihak web ecomerce, setelah melakukan transakai pembayaran.
- Beberapa situs e-commerce terbesar menurut http://ibnmalik.net/8-situs-e-commerce-terbesar-di-indonesia/
- Bhinneka (http://www.bhinneka.com/)
- Deal Keren (http://www.dealkeren.com/)
- Disdus (http://disdus.com/)
- Kutu Buku (http://www.kutukutubuku.com/)
- Blibli (http://www.blibli.com/)
- Rakuten (http://www.rakuten.co.id/)
- Glodok Shop (http://www.glodokshop.com/)
- Hartono Elektronika (https://www.hartonoelektronika.com/)
kita juga punya nih artikel mengenai e-commerce, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2367/1/02-02-009-Pengembangan%5BRangga%5D.pdf